You Are Here: Home» Kesehatan » Ahli Medis Ragukan 'Minuman Pembakar Kalori'

Ahli Medis Ragukan 'Minuman Pembakar Kalori'
KapanLagi.com - Para ahli kesehatan menepis pernyataan bahwa minuman yang bersumber dari teh hijau baru akan membakar kalori dengan mempercepat tingkat metabolisme peminumnya, dan menyampaikan keraguan mengenai kemungkinan minuman itu akan membantu orang mengurangi berat badan.
Perusahaan raksasa minuman Coca-Cola Co., Kamis (12/10/06), mengungkapkan rencana untuk memulai penjualan Enviga, minuman ringan berkafein, mengklaim bahwa konsumsi tiga kaleng berisi 12-ons minuman itu selama 24 jam dapat membakar antara 60 dan 100 kalori.
Enviga yang dikembangkan melalui kerjasama dengan satu perusahaan Swiss akan dipasarkan dengan tiga rasa yaitu teh hijau, berry dan persik.
Juru bicara perusahaan itu mengatakan perusahaan tersebut tak memasarkan minuman itu sebagai pengurang berat badan, tapi sebagai "satu langkah kecil yang dapat dilakukan konsumen untuk secara lembut mengaktifkan metabolisme mereka dan membakar lebih banyak kalori".
Marion Neslte, profesor gizi di New York University, mengatakan pernyataan pembakaran kalori didasarkan atas studi penelitian yang dilakukan dalam tahap percobaan dan tak memberi hasil bahwa minuman itu akan membantu orang normal dalam kondisi normal membakar kalori dan menghasilkan berkurangnya berat badan.
"Pendapat bahwa minuman ini akan membantu orang mengurangi berat badan sungguh menggelikan," kata Nestle. "Ini adalah contoh sejauh mana perusahaan akan menjual produk mereka."
Perusahaan yang berpusat di Atlanta tersebut menyatakan Enviga berisi ekstrak teh hijau, kalsium dan kafein. Produk itu akan dipasarkan di bagian timur laut AS pada November dan di pasar nasional pada Januari.
Seorang wanita juru bicara mengatakan Pusat Penelitian Nestle di Lausanne, Swiss, mengkaji manfaat teh hijau selama beberapa dasawarsa sebagai bagian dari bisnis teh globalnya.
Sebuah studi juga dilakukan belum lama ini oleh Nestle bersama University of Lausanne mengungkapkan bahwa konsumsi tiga kaleng Enviga dalam sehari mendorong pembakaran kalori dengan mempercepat metabolisme dan meningkatkan pemanfaatkan energi.
Berbagai studi memperlihatkan subjek yang sehat dengan berat tubuh normal dapat membakar tambahan 60 sampai 100 kalorit per hari.
"Enviga berisi campuran optimal ekstrak teh hijau, kafein dan micronutrient tanaman aktif alamiah yang dirancang untuk bekerjasama dengan tubuh guna meningkatkan pembakaran kalori, sehingga menciptakan dampak kalori negatif," kata Rhona Applebaum, ilmuwan pemimpin di perusahaan tersebut, dalam sebuah pernyataan yang dilansir Reuter, Sabtu (14/10/06).
Lona Sandon, juru bicara nasional American Dietetic Association, mengatakan campuran tinggi kafein dan teh hijau mungkin dapat menambah tingkat metabolisme manusia dan membakar lebih banyak kalori, tapi itu takkan mengakibatkan berkurangnya berat badan.
"Kita membohongi diri kita sendiri, jika mengira kita dapat meminum ini dan menghilangkan beberapa pon. Perusahaan ini hanya memainkan selera manusia untuk dengan cepat menghasilkan pengurangan berat badan," kata Sandon.
"Ini takkan menyamai pola makan yang buruk dan kekurangan olahraga, selain itu jumlah kafein ini bahkan dapat mengakibatkan masalah bagi orang yang sensitif terhadap kafein," tambah Sandon. (ant/rtr/rit)

Tags: Kesehatan