You Are Here: Home» Kesehatan » Aktivitas Fisik Tak Cegah Kegemukan Pada Anak

Aktivitas Fisik Tak Cegah Kegemukan Pada Anak
KapanLagi.com - Semata-mata menambah tingkat kegiatan fisik saja tampaknya takkan mengurangi berat badan pada anak-anak, apalagi mencegah kegemukan, kendati mungkin dikaitkan dengan pola dasar hidup sehat, demikian hasil studi yang dilakukan di Skotlandia, yang dilansir dari Reuters, Jumat (06/10/06).
Sebaliknya, gabungan peningkatan kegiatan fisik dan perubahan lain gaya hidup seperti berpegang pada menu makanan yang sehat mungkin diperlukan membendung gelombang kegemukan.
"Banyak anak-anak mengalami kegemukan, bahkan pada usia pra-sekolah," kata Dr. John J. Reilly dari University of Glasgow dan rekannya dalam British Medical Journal.
Mengingat kekurangan bukti secara umum mengenai cara yang cocok guna mencegah kegemukan pada kelompok usia itu, tim Reilly mendaftarkan 545 anak dari 36 sekolah taman kanak-kanak dalam percobaan "Movement and Acitvity Glasgow Intervention in Children" atau MAGIC.
Percobaan tersebut secara khusus dirancang untuk melihat apakah peningkatan aktivitas bisa mengurangi indeks massa tubuh. Setiap minggu selama 24 minggu, rata-rata separuh anak pra-sekolah, yang rata-rata berusia 4,2 tahun, melakukan tiga permainan aktif selama 30 menit saat di sekolah, sementara para orang tua juga diminta menambah tingkat aktivitas anak mereka di rumah. Separuh anak lagi, yang bertugas sebagai pemantau, mengikuti jadwal kegiatan sekolah seperti biasanya.
Hasilnya, kegiatan fisik tak memiliki dampak mencolok pada indeks massa tubuh atau pada ukuran kegiatan fisik dan prilaku anak yang tak bergerak. Namun, dibandingkan anak-anak pemantau, anak yang mendapat campur-tangan memperlihatkan hasil lebih besar dalam keterampilan gerak dan motorik, yang, kata para peneliti itu, mungkin menempa keyakinan pada kemampuan fisik, sehingga bisa meningkatkan perbedaan dalam keikutsertaan masa depan dalam kegiatan fisik atau olahraga.
Dalam kesimpulan mereka, Reilly dan rekan menyatakan, "Keberhasilan penambahan aktivitas fisik yang berhasil guna mencegah kegemukan pada masa dini kanak-kanak mungkin memerlukan perubahan bukan hanya pada tingkat taman kanak-kanak, sekolah dan rumah, tapi dalam lingkungan hidup yang lebih luas. Perubahan dalam prilaku lain, termasuk makanan, mungkin juga perlu." (ant/rtr/rit)

Tags: Kesehatan