You Are Here: Home» Kesehatan » Anak Autis Miliki Tingkat Kolesterol Rendah

Anak Autis Miliki Tingkat Kolesterol Rendah
KapanLagi.com - Banyak anak autis memiliki tingkat kolesterol yang sangat rendah, demikian isi laporan di American Journal of Medical Genetics. Tingkat kolesterol yang rendah itu mungkin memainkan peran dalam perkembangan spektrum penyimpangan autis.
Menurut temuan itu, kekurangan tersebut tampaknya berpangkal dari ketidak-mampuan tubuh mereka menghasilkan kolesterol, dan bukan dari makanan yang tak layak atau gangguan kemampuan menyerap pada usus mereka.
Laporan sebelumnya telah menghubungkan autisme dengan Smith-Lemli-Opitz Syndrome (SLOS), penyimpangan genetika yang melibatkan gangguang sistetis kolesterol.
Namun, tidak jelas mengenai tingkat SLOS dan gangguan serupa yang lain di kalangan pasien autisme.
Analisis contoh darah dari 100 anak autis gagal mengidentifikasi tingkat kolesterol yang sejalan dengan SLOS, kata pemimpin peneliti tersebut Dr. Elaine Tierney dari Kennedy Krieger Institute di Baltimore dan rekan-rekannya.
Namun secara tak terduga, para peneliti itu mendapati bahwa 19 anak memiliki total tingkat kolesterol yang berada di bawah 100 miligram per dekaliter, pada tingkat kelima lebih rendah bagi anak yang berusia lebih dari dua tahun.
"Kami tahu bahwa orang dapat mentolerir jika mereka memiliki kolesterol rendah, jadi kami menduga kekurangan kolesterol ditambah mutasi gen khusus mungkin telah mengakibatkan gaungguan spektrum autisme pada anak-anak ini," kata Tierney dalam suatu pernyataan.
"Langkah kami berikutnya ialah memastikan apakah gangguan lain metabolisme kolesterol dapat menjadi faktor resiko bagi perkembangan autisme," tambahnya. (ant/rtr)

Tags: Kesehatan