You Are Here: Home» Kesehatan » 'Dance Dance Revolution' Bisa Bakar Kalori?

'Dance Dance Revolution' Bisa Bakar Kalori?
KapanLagi.com - Ingin gemuk? Main video game yuk! Sebuah penelitian yang dilakukan Liverpool Hope University, Liverpool menyatakan video game tarian bisa membantu anak-anak berbadan gemuk membakar kalori dan membuat jantung mereka berdenyut lebih cepat, dan otomatis makin lincah mereka bergerak makin banyak kalori yang terbakar.
Video game terkenal Dance Dance Revolution terdiri dari papan permainan dengan panah sensor. Pemain berdiri di bagian atas sementara layar memberi instruksi kemana mengenai ke mana ia mesti melangkah, sejalan dengan irama musik yang diputar.
Dr. V.B. Unnithan dari Liverpool Hope University di Liverpool, Inggris, dan rekan menentukan apakah memainkan video game tarian itu akan bermanfaat bagi anak kecil yang kegemukan dan berbadan normal, terutama mengingat anak berbadan gemuk dan kurang sehat mengeluarkan lebih banyak energi ketika mereka berolahraga mengangkat beban dibandingkan anak yang lebih aktif dan berbadan normal.
Para peneliti menguji dampak game itu pada saluran pernafasan dan jantung pada 10 anak laki-laki dan perempuan berbadan gemuk dan 12 anak bertubuh normal yang berusia 10 sampai 17 tahun. Semua anak itu mengikutip permainan tersebut dengan model "workout" intensitas terendahnya.
Anak yang berbadan lebih berat menggunakan lebih banyak energi dan oksigen sewaktu mengikuti permainan itu dibandingkan dengan anak yang tak berbadan gemuk.
Tetapi ketika para peneliti tersebut menyesuaikan dampak dengan ukuran tubuh, mereka mendapati dampak video game tarian itu tak kuat sama sekali bagi anak-anak yang kegemukan.
Dan meskipun peningkatan detak jantung yang diamati sesuai dengan peningkatan kebugaran jantung dan urat darah, para peneliti tersebut menyatakan intensitas nafas anak-anak itu tak memperlihatkan kecocokan.
Tak-adanya hubungan itu mungkin terjadi karena anak-anak tersebut tak menggerakkan tubuh bagian atas mereka sewaktu mengikuti permainan itu, kata para peneliti tersebut.
Oleh karena itu, akan lebih bermanfaat jika ditambahkan gerakan lengan, untuk mendapatkan keseimbangan lebih besar.
Berdasarkan temuan tersebut, seseorang mungkin harus mengikuti permainan video game sedikitnya selama satu jam lima menit sehari untuk menurunkan berat badan, kata para peneliti tersebut.
Mereka menyimpulkan studi lebih lanjut diperlukan guna menentukan apakah video game tarian itu dapat membantu orang dewasa yang kegemukan dan kelebihan berat badan untuk menurunkan berat badan mereka dan membakar lemak. (rtr/ant/rit)

Tags: Kesehatan