You Are Here: Home» Kesehatan » Gigitan Anjing Sekecil Apapun Harus Ditangani

Gigitan Anjing Sekecil Apapun Harus Ditangani
KapanLagi.com - Luka akibat gigitan anjing, sekecil apapun yang terjadi pada anak-anak, harus segera ditangani oleh dokter, demikian dikatakan oleh Persatuan Dokter ahli kesehatan anak Jerman di Munich.
Saliva atau air liur anjing mengandung berbagai jenis bakteri yang dapat menimbulkan berbagai penyakit pula karena dapat masuk ke dalam tubuh melalui luka tersebut.
Setelah luka tersebut mulai mereda (berhenti pendarahannya) maka luka tersebut sebaiknya dibasuh dengan air hangat-hangat kuku dan ditutup dengan kompres steril.
“Kebanyakan dari luka akibat gigitan anjing merobek jaringan kulit sehingga harus mendapatkan perawatan seorang dokter," kata dokter ahli kesehatan anak Thomas Fendel.
Sekitar 15% dari luka akibat gigitan anjing mengakibatkan infeksi dan hal itu bergantung kepada seberapa parahnya luka yang diakibatkan oleh gigitan hewan omnivora tersebut, serta kekebalan tubuh si anak yang dapat berbeda satu sama lainnya dan tingkat atau jumlah kotoran yang masuk ke dalam luka tersebut.
Karena hal resiko tersebut, maka seorang anak yang digigit oleh seekor anjing, harus pula menjalani suntikan anti-tetanus yang diulang dan diperbarui.
Para orang tua harus membawa catatan imunisasi putra atau putrinya mereka ketika membawa si anak ke dokter untuk ditangani luka akibat gigitan tersebut. (*/cax)

Tags: Kesehatan