You Are Here: Home» » KEBUGARAN JASMANI

1.       Pengertian Latihan Kebugaran Jasmani
Gejala kemorosotan kebugaran jasmani di kalangan anak-anak di seluruh dunia sudah merupakan gejala umum. Penyebab utama adalah karena mereka kurang aktif bergerak, yang diakibatkan oleh bertambah sedikitnya waktu untuk melaksanakan latihan jasmani. Anak-anak begitu asyik bermain permaian di komputer disertai dengan pola makan yang tidak sehat, seperti senang menyantap makanan siap hidang (Mc. Doland atau goreng ayam plus kentang) dalam susunan menu yang tidak seimbang.
Keadaan ini sudah terjadi di Indonesia. Oleh karena itu sungguh beralasan untuk memperhatikan pembinaan kebugaran jasmani sebagai upaya untuk mrningkatkan kesehatan, dan selanjutnya untuk kesejahteraan hidup. Di samping pengembangan keterampilan yang kelak terpakai dalam aneka kegiatan, pengembangan kebugaran juga perlu menjadi prioritas utama dalam program pendidikan jasmani.
Kebugaran jasmani adalah kesanggupan dan kemampuan tubuh melakukan penyesuaian (adaptasi) terhadap pembebasan fisik yang diberikan kepadanya (dari kerja yang dilakukan sehari-hari) tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan yang berarti.  Setiap orang membutuhkan kesegaran jasmani yang baik, agar ia dapat melaksanakan pekerjaannya dengan efektif dan efisien tanpa mengalami kelelahan yang berarti. 

2.      Manfaat Melakukan Latihan Kebugaran Jasmani
Melakukan aktivitas bersenam berarti melakukan susunan latihan. Karena badan melakukan susunan latihan badan membutuhkan energi lebih banyak. Untuk mencukupi meningkatnya kebutuhan energi badan mengadakan penyesuaian.  Penyesuaian itu terjadi ketika orang sedang melakukan aktivitas dan dilanjutkan sesudah badan selesai melakukan aktivitas. 
Penyesuaian yang dilakukan oleh tubuh berupa penyesuaian faali, antara lain : penggiatan pernafasan untuk menyediakan zat asam guna mencukupi kebutuhan, peluasan peredaran darah untuk mengirim zat-zat yang dibutuhkan untuk proses penyediaan energi dan mengambil hasil-hasil pembakaran untuk dibuang dan penyerasian koordinasi syaraf untuk mengatur kerjasama antar penyesuaian.
Manfaat melakukan senam secara teratur dan benar dalam jangka waktu yang cukup antara lain memungkinkan untuk :
a.        Mempertahankan atau meningkatkan taraf kesegaran jasmani yang baik.
b.       Mengadakan koreksi terhadap kekurangbenaran sikap dan gerak.
c.        Membentuk sikap dan gerak.
d.       Membentuk kondisi fisik (kekuatan otot, kelincahan, ketahanan, keluesan, dan kecepatan).
e.        Membentuk berbagai sikap kejiwaan (membentuk keberanian, kepercayaan diri, kesiapan diri, dan kesanggupan bekerjasama).
f.         Memberikan rangsangan bagi pertumbuhan tubuh, khususnya bagi anak-anak.
g.        Memupuk rasa tanggungjawab terhadap kesehatan diri sendiri dan masyarakat.
Thanks for reading: KEBUGARAN JASMANI
Tags:

0 komentar

Leave a Reply

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.