You Are Here: Home» Kesehatan » Olahraga, Pilihan Terbaik Hindarkan Anak Dari Kegemukan

Olahraga, Pilihan Terbaik Hindarkan Anak Dari Kegemukan
KapanLagi.com - Olahraga yang lebih sering mungkin lebih efektif dibandingkan dengan kegiatan dengan intensitas lebih rendah dalam membantu anak-anak menghindari kelebihan berat badan dan tetap fit, demikian hasil suatu studi.
Kelebihan berat badan dan buruknya kesehatan jantung menjadi masalah yang meningkan di kalangan anak-anak di seluruh dunia, kata Dr. Michael Sjostrom dari Karolinska Institute di Huddinge, Swedia, dan rekan-rekannya.
Kegiatan fisik terbukti memerangi kedua "wabah" tersebut, kata para peneliti dalam American Journal of Clinical Nutrition.
Bukti kian banyak bahwa lebih banyak kegiatan aktif mungkin lebih efektif dalam mencegah peningkatan berat badan, kata mereka.
Untuk menyelidiki bagaimana jumlah dan intensitas kegiatan mungkin berhubungan dengan kelebihan berat badan dan kesehatan pada anak-anak, para peneliti tersebut meneliti 780 anak yang berusia 9 dan 10 tahun, lalu mengukur tingkat kegiatan mereka selama empat hari berturut-turut dengan menggunakan alat yang disebut accelerometer.
Para peneliti tersebut mendapati anak-anak yang terlibat dalam kegiatan fisik aktif selama lebih dari 40 menit sehari memiliki lebih sedikit lemak tubuh dibandingkan dengan mereka yang aktif bergerak selama 10 sampai 18 menit per hari, dan juga memiliki kesehatan jantung lebih tinggi.
Tak ada hubungan antara jumlah total kegiatan fisik anak setiap hari dan tingkat kandungan lemaknya, tapi anak-anak yang aktif lebih lama setiap hari didapati memiliki kesehatan jantung lebih besar.
"Hasilnya menunjukkan bahwa kegiatan fisik sangat aktif mungkin memiliki dampak lebih besar dalam mencegah kelebihan berat badan pada anak-anak dibandingkan dengan tingkat kegiatan fisik yang lebih rendah, sedangkan kegiatan fisik yang sangat aktif dan sedang mungkin meningkatkan kesehatan jantung anak.".
Mereka mengakui bahwa kegiatan fisik aktif mungkin lebih sulit bagi anak dan remaja yang kegemukan dan kelebihan berat badan.
Para dokter menyarankan agar orang-orang semacam itu memulai kegiatan yang sedang dan secara bertahap meningkatkan intensitas dan jumlah kegiatan mereka. (*)

Tags: Kesehatan