You Are Here: Home» Kesehatan » Operasi Usus Picu Gangguan Pengelihatan

Operasi Usus Picu Gangguan Pengelihatan
KapanLagi.com - Operasi usus besar dapat mengakibatkan terganggunya penyerapan vitamin A, dan itu pada gilirannya dapat menciptakan gangguan mata bertahun-tahun bahkan beberapa dasawarsa setelah operasi, terutamaketika penyakit lain muncul, demikian laporan beberapa ahli mata.
Gangguan mata yang bersumber dari kekurangan vitamin A dapat meliputi mata kering, melunaknya kornea mata, kerusakan retina, dan buta ayam, kata Drs. T. Chae dan R. Foroozan dalam British Journal of Ophtalmology terbitan Agustus.
Kedua peneliti tersebut, dari Baylor College of Medicine di Houston, mengkaji catatan pasien yang didiagnosis kekurangan vitamin A tahun lalu dan mengidentifikasi empat kasus yang berhubungan dengan operasi usus.
Seorang pasien mengalami gejala gangguan mata dalam waktu beberapa bulan setelah operasi bypass usus, sementara tiga pasien lagi tak mengalami gejala gangguan mata sampai setidaknya 18 tahun setelah operasi usus.
Yang pertama dari ketiga orang itu, yang menderita gangguan mata setelah agak lama, adalah seorang pria berusia 69 tahun yang melaporkan bahwa ia menderita buta ayam selama empat bulan. Ia telah menjalani operasi bypass usus 20 tahun sebelumnya.
Pasien kedua adalah pria berusia 80 tahun yang menyatakan ia selama empat bulan mengalami penurunan daya pandang pada mata kanannya, dan bertambah parah jika berhadapan dengan cahaya suram.
Tiga puluh enam tahun sebelumnya, ia menjalani sebagian operasi usus besar dan kecil sehubungan dengan penyakit Crohn.
Pasien ketiga melaporkan beberapa bulan penurunan daya pandang pada kedua matanya, dan kondisinya bertambah buruk pada malam hari.
Sejarah medisnya meliputi "dua kali operasi perut 18 sampai 20 tahun sebelumnya" akibat komplikasi dari operasi kantong empedu.
Pemeriksaan mata memperlihatkan gangguan pada semua ketiga kasus dan ujicoba laboratorium mengkonfirmasi penurunan vitamin A, kata para peneliti tersebut.
Kedua pasien perempuan itu diberikan suntikan vitamin A, dan keduanya melaporkan peningkatan daya pandang pada kedua mata mereka dalam pekan pertama. Kedua perempuan tersebut menolak perawatan lebih lanjut.
Dalam tajuk yang berkaitan, dua dokter lain menyatakan peneliti lain telah melaporkan komplikasi pandangan parah, termasuk kebutaan, yang terjadi setelah operasi bypass usus.
Mereka memperingatkan kebanyakan operasi semacam itu lebih sering dilakukan sebagai "perbaikan cepat bagi kelebihan berat badan".
"Ketika peningkatan luar biasa dalam prosedur operasi bypass usus dipertimbangkan di seluruh dunia," tulis dokter-dokter tersebut, "kemungkinan wabah penurunan vitamin A menjadi kenyataan yang mengkhawatirkan". (*)

Tags: Kesehatan