You Are Here: Home» Kesehatan » Orang Tinggi Jauh Lebih Pintar

Orang Tinggi Jauh Lebih Pintar
KapanLagi.com - Berbadan tinggi tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri, tapi tahukah Anda jika tinggi badan ternyata juga menunjukkan tingkat kepandaian seseorang. Penelitian terbaru menyebutkan orang berbadan tinggi lebih pandai ketimbang rekan mereka yang lebih pendek.
"Di awal usia tiga tahun, sebelum duduk di banku sekolah -- anak yang memiliki tinggi badan lebih tinggi dari kawan sebayanya terbukti bisa menjalani tes cognitive jauh lebih baik dibanding anak yang lebih pendek," tulis Anne Case dan Christina Paxson dari Princeton University yuang diterbitkan oleh National Bureau of Economic Research, seperti yang dilaporkan Reuters Jumat (25/08/06).
Penemuan ini didasarkan pada dua studi yang dilakukan di Inggris, terutama pada anak yang lahir pada tahun 1958 dan 1970 sampai menginjak dewasa dan sebuah studi yang dilakukan di Amerika yang meneliti hubungan pilihan pekerjaan dan tinggi badan.
Studi lain menunjukkan rendahnya rasa penghargaan terhadap diri sendiri, dan diskriminasi sosial seperti tindak kejahatan yang banyak dijumpai pada orang berbadan pendek. Namun Case dan Paxson yakin bahwa tinggi badan sangat berpengaruh pada karir seseorang di dunia kerja.
"Orang berbadan tinggi cenderung lebih memilih pekerjaan dengan bayaran lebih tinggi yang lebih mengandalkan kemampuan verbal, keterampilan numerik serta menuntut intelejensi, yang mereka yakini bisa mendapat imbal balik yang lebih," terang Case dan Paxson.
Rata-rata pria dan wanita di Amerika dan Inggris yang memiliki kelebihan tinggi badan sekitar empat inci cenderung mengalami kenaikan 10 persen dalam penghasilan bulanan.
Para peneliti menambahkan perbedaan penampilan juga mengambil peranan penting dalam dunia kerja, dan orang yang lebih tinggi berhak memiliki daya saing yang lebih baik. Selain itu asupan gizi dan penanganan anak sebelum melahirkan, saat melahirkan dan sampai anak berusia tiga tahun juga mengambil peranan dalam kemampuan cognitive dan tinggi badan seorang anak.
"Cepatnya pertumbuhan lebih banyak terjadi dalam periode tersebut di banding periode lain dalam siklus hidup, karena itu gizi yang baik sangat dibutuhkan dalam masa tersebut."

Perawatan sebelum melahirkan dan asupan gizi yang baik sangat, bahkan lebih penting dari yang selama ini kita bayangkan," ujar Case yang menekankan bahwa studi ini belum bisa diaplikasikan ke negara lain, mengingat data yang diambil dalam studi ini hanya meliputi populasi Amerika dan Inggris. (rtr/rit)


Thanks for reading: Orang Tinggi Jauh Lebih Pintar
Tags: Kesehatan