You Are Here: Home» Kesehatan » Usia 50 Tahun ke Atas Rentan Terkena Masalah Gusi

Usia 50 Tahun ke Atas Rentan Terkena Masalah Gusi
KapanLagi.com - Ketika seseorang mencapai usia 50 sudah waktunya untuk memberikan perhatian lebih besar lagi bagi kesehatan mulut, demikian dikatakan oleh Masyarakat Gerodontology (kedokteran gigi usia lanjut) di Jerman.
Salah seorang anggota perkumpulan tersebut mengatakan saat seseorang mencapai usia 50 mereka lebih besar kemungkinan menderita sakit gigi terutama di gusi dibandingkan dengan mereka yang berusia muda.
Wilayah yang bermasalah adalah mucos membranes di sekitar mulut.
Penting untuk melakukan penjagaan kesehatan gusi dan mulut karena tak jarang terjadi adanya jamur atau tumor pada stadium awal.
"Hal ini terjadi pada orang-orang yang berusia di atas 50 tahun," kata Nietschke.
Masalah kesehatan mulut dapat menjadi buruk terlebih apabila si pasien juga menderita penyakit parah lainnya.
Untuk mencegah hal itu pasien harus melakukan pemeriksaan gigi-geligi dan mulut secara berkala dan mengikuti semua nasehat dokter gigi. Protesa gigi harus diperiksa secara teratur dan pembersihan mulut dan gigi harus dilakukan.
"Kebersihan mulut dan gigi akan ditentukan oleh seberapa sering si pasien datang berkunjung ke dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan dan pembersihan mulut dan gigi,” kata Nietschke.
Ketika seseorang menjadi tua kadang kala gigi-geligi tidak memperoleh kondisi kebersihan seperti yang dibutuhkan, hal itu pertanda sudah waktunya untuk berkunjung ke dokter gigi. (*/cax)

Tags: Kesehatan