You Are Here: Home» Kesehatan » Yang Ceria Lebih Tahan Perubahan Cuaca

Yang Ceria Lebih Tahan Perubahan Cuaca
KapanLagi.com - Tertawa dan bahagia tak hanya membuat kita jadi pribadi yang hangat dan menyenangkan, namun juga memberi efek positif pada kesehatan kita.
Studi yang dilakukan Carnegie Mellon University menyatakan mereka yang selalu bahagia, ceria, bersemangat, optimis, dan selalu berpikir positif terbukti lebih jarang terserang masuk angin, tak mudah sakit, tak mudah tertular penyakit, dan memiliki daya tahan tubuh lebih baik saat perubahan cuaca.
Hasil riset yang dipublikasikan di Psychosomatic Medicine Journal dan dilansir dari Healtday, Selasa (14/11/06) ini menyatakan perilaku dan pikiran positif menghadapi hidup terbukti bisa membantu meminimalkan infeksi virus saat pergantian musim. Dengan kata lain dalam studi yang sama juga dilakukan pada mereka yang memiliki pandangan negatif atau bisa dibilang sebagai pribadi yang pesimis, cemas, depresi, dan tak percaya diri.
Studi yang dipimpin Sheldon Cohen, Professor Psychology dari Carnegie Mellon, ini meneliti 193 responden mulai usia 21 sampai 55 tahun berhubungan dengan sikap dan perilaku mereka setiap hari, mulai dari pribadi yang ceria, bahagia, sering tertawa, bersemang, mudah depresi, stres, minder, dan kurang percaya diri menghadapi situasi.
Setelah data terkumpul, para responden ditulari rhinovirus atau virus penyebab influenza. Hasilnya, mereka yang memiliki sikap positif memiliki kekebalan tubuh jauh lebih baik dari mereka yang sering berpikiran negatif.
Studi sebelumnya juga menunjukkan sikap diri yang positif yang menjadi kunci utama kesehatan seseorang. Kesimpulannya mereka yang selalu ceria, mudah tersenyum, dan selalu berpikir positif diyakini memiliki tingkat kesehatan yang jauh lebih baik dibanding individu yang berpikiran negatif. (healthday/rit)

Tags: Kesehatan